Minggu, 17 Mei 2009

Long Distance Love

Aku punya kiat-kiat menjaga cinta jarak jauh. Supaya cinta tak tumbang sebelum menjulang. Supaya cinta tak berujung sebelum berkembang. Supaya cinta tak berkabung sebelum bergabung. Supaya cinta tak merebah sebelum menikmati mahligai terindah. Supaya cinta tak terkoyak sebelum merebak. Semoga cinta tak retak sebelum membiak. Supaya cinta tak roboh sebelum kokoh. 

Pertama: Komitmen

Komitmen adalah unsur penentu dan penting sekali dalam menjalin hubungan jarak jauh. Komitmen ibarat syahadat. Syahadat adalah baiat. Baiat untuk taat. 

Sepasang kekasih harus mengucapkan syahadat cinta, sebelum salah satu atau kedua-duanya berpisah untuk sementara. Bunyi syahadat itu misalnya: “Aku akan setia padamu walau jarak menghalau” atau “Kita berdua akan setia pada cinta”.

Kedua: Kepercayaan

Sepasang kekasih harus saling percaya. Masing-masing pasangan mengemban amanah kepercayaan di pundak. Hilangkan rasa was-was atau takut. Percayalah bahwa dia tidak akan selingkuh. Percayalah dia tak akan menghianti janji. Percayalah bahwa Anda adalah laki-laki atau perempuan pertama dan terakhir.

Ketiga: Komunikasi

Komunikasi adalah inti. Jangan sepelekan arti sebuah komunikasi. Survey membuktikan banyak hubungan jarak jauh yang kandas karena kurangnya frekuensi komunikasi. 

Teknolgi modern telah menyediakan sarana termudah dalam menjaga kehangatan cinta. Handphone, e-mail, chat, myspace, friendster, facebook. 

Buatlah kesepakatan waktu komunikasi. Misalnya minimal sekali dalam sehari. Jangan lupakan kata-kata “aku rindu” “aku kangen” “aku makin cinta” “cinta membuatku lebih hidup” “rindu membuatku lebih tegar” dalam mengawali sebuah komunikasi. 

Atau jika kirim sms malam sebelum bobok, kokohkan cinta kekasih dengan kata-kata berupa doa. Misalnya “happy nice your dreams” “met tidur, jangan lupa sebut namaku” “ucapkan selamat tidur kepada matamu, aku kan berjaga-jaga di alam mimpimu” “selamat istirah, semoga hidupmu kian berkah”

Keempat: Belajar Setia

Kenapa belajar setia? Cinta jarak jauh adalah wahana belajar setia yang paling ampuh. Di sinilah cinta diuji. Yang namanya belajar, berarti bisa berhasil dan bisa juga gagal. Semakin jauh jarak memisahkan, semakin banyak syetan bergentayangan. Semakin jauh jarak, semakin banyak godaan di tengah jalan. Hati-hati dengan cowok atau cewek yang sok baik dan sok ada kala si-dia tidak ada. Mereka akan mencari kesempatan dalam kesempitan. Mereka akan memanfaatkan kesendirian dan kesepianmu. Jagalah jarak dengan mereka. Ingat, mereka senantiasa mengincarmu. Misalnya jika kau terserang demam rindu, mereka akan muncul menawarkan madu. Dan kau kena terkam.

Belajar butuh kesungguhan dan kesanggupan yang tangguh. Jangan cepat ngambek dan sakit hati, misalnya sang kekasih lama membalas sms atau sang kekasih terlambat menjawab email. Positif thingking itu perlu. Lama membalas sms, mungkin dia lagi tak punya pulsa atau sinyal handphone sedang bermasalah. 

Kelima: Rayakan Momen Istimewa

Rayakanlah hari-hari teristimewa kalian berdua. Misalnya hari jadian pacaran, hari ulang tahun, atau hari perpisahan. Jika jarak pisah antar kota, lebih baik janjian ketemuan. Dan jika jarak pisah teramat jauh, antar Negara, cukup dengan telpon atau kirim hadiah atau juga dengan mengirimkan kata-kata indah berupa puisi via sms dan email. Komunikasi di hari-hari istimewa tidak sama dengan hari-hari biasa. Buatlah lebih mengena dan bermakna.

Keenam: Jangan Berbohong

Jangan sampai Anda berbohong pada pasangan. Suatu misal Anda ditanya kekasih via sms atau telpon: “sedang ngapain?” jawab saja dengan jujur. Kalau sedang jalan-jalan bersama teman-teman atau ngumpul bareng sama teman-teman, jawablah dengan fakta itu. Ingat, berbohong adalah bagai “Bom Waktu”. Bom waktu akan meledak pada waktunya. Dan menghancurleburkan bangunan yang sudah dibangun sekian lama. Ingat, berbohong itu ‘Menggali Lubang Sendiri’. Kebohonganmu akan mengantar kepada kematian yang telah kau rencanakan sendiri, namun kau tak menyadari.

Ketujuh: Doa

Bagi yang masih percaya dengan kekuatan berdoa. Doakan kekasih kala beribadah atau kala hendak tidur. Doakan buat kesehatan, keselamatan dan kesuksesannya. Tuhan berfirman, berdoalah kepadaku, pasti kukabulkan. 





1 komentar: